Bagaimana Doraemon di mata Anda?

Sabtu, 08 Mei 2010

Mythology Cina Daratan inilah yang paling Kami suka dan menjadi idola kami. Kami mulai tertarik dengan game Romance of Three Kingdom, yang berlanjut pada game Dynasty Warrior dan film Red Cliff 1 dan 2 serta film Three Kingdom sendiri....







Tiga Negara terbentuk setelah runtuhnya dinasti Han di Cina. Tiga Negara tersebut adalah Cao Wei, Dong Wu dan Shu Han. Cao Wei beribukota di Luo Yang dan kaisar pertamanya adalah Cao Pi, putra dari Cao Cao. Dong Wu beribukota di Jian Ye dan Kaisar pertamanya bernama Sun Quan . Shu Han beribukota Cheng Du dan Kaisar pertamanya adalah Liu Bei. Tiga negara ini muncul karena tidak adanya Kaisar yang kuat dan mampu menaklukkan negara-negara ini. Sepanjang sejarah Cina, biasanya hanya ada 1 kaisar tunggal yang dianggap dipilih Langit untuk memimpin Cina.

Kisah 3 Negara diawali oleh mulai runtuhnya Kekaisaran Han di akhir abad pertama. Karena pemerintahan yang korup dan dimonopoli oleh kalangan kasim, banyak pemberontakan yang muncul. Salah satunya yang cukup besar dan mengancam kekaisaran Han adalah pemberontakan Serban Kuning yang dipimpin oleh Zhang Jiao. Pemberontahan ini memberi harum nama Cao Cao dan Liu Bei yang memadamkan pemberontakan itu.
Dari sejarah, sebenernya banyak detail cerita yang terjadi tapi saya tidak akan menulisnya secara detail karena akan cukup membingungkan bagi pembaca yang baru mengenal kisah ini.

Singkat cerita, pengaruh kekaisaran Han yang sangat lemah karena digerogoti oleh pejabat-pejabatnya sendiri membuat para pemimpin propinsi leluasa untuk menggalang kekuatan militernya dan memproklamasikan dirinya sebagai Raja di wilayahnya masing-masing. Inilah era berkuasanya raja-raja perang. Yang menonjol adalah Cao Cao yang berhasil menaklukkan Yuan Shao, Jendral Perang Terbesar wilayah Utara Cina. Keberhasilan ini membuat Cao Cao diangkat menjadi Perdana Menteri. Setelah menjabat sebagai perdana menteri, Cao Cao mulai menyusun strategi untuk menguasai wilayah selatan Cina.

Ekspansi Cao Cao ke selatan berjalan mulus sampai harus menghadapi aliansi Liu Bei, yang sebelumnya wilayah kekuasaannya direbut dan mengungsi serta meminta perlindungan ke Wu. Liu Bei beraliansi dengan Sun Quan, pemimpin negeri Wu. Peperangan itu sangat terkenal karena itu merupakan kekalahan terbesar Cao Cao di wilayah selatan. Kekalahan ini menyebabkan Cao Cao mengubah halauan ekspansinya ke wilayah barat cina. Perang tersebut terjadi di daerah Chibi di Tebing Merah tepi Sungai Panjang. Perang ini yang menjadi inspirasi film “Red Cliff”.





Setelah aliansi Sun-Liu menang melawan Cao Cao, timbul perpecahan antara aliansi tersebut. Perebutan wilayah yang ditinggalkan oleh Cao Cao yaitu Jing Zhou menjadi pencetusnya. Pertempuran itu dimenangkan oleh Sun Quan yang memaksa pasukan Liu Bei meninggalkan wilayah itu. Liu Bei lalu mendapat tawaran aliansi oleh Liu Zhang yang menguasai wilayah Yi Zhou. Aliansi ini bertujuan untuk menangkal kemungkinan serangan dari Pasukan Cao Cao. Namun perpecahan terjadi dan menyebabkan Liu Zhang menyerahkan kekuasaan daerah Yi Zhou kepada Liu Bei.

Pada tahun 216 Masehi, Cao Cao mengangkat dirinya sebagai Raja Wei. Setahun kemudian Liu Bei mengangkat dirinya sebagai Raja Han Zhong setelah merebut wilayah itu dari Cao Cao. Tahun 220, Cao Cao mangkat dan digantikan oleh putranya Cao Pi. Cao Pi memaksa Kaisar Xian Di untuk menyerahkan tahta kekaisaran, lalu dia mendirikan Negara Wei dan bertahta dengan gelar Wen Di. Berakhirlah masa kekaisaran Han dan dimulainya Era Tiga Negara. Liu Bei yang masih mendukung kelanjutan kekaisaran Han, mengangkat dirinya sebagai kaisar dengan gelar Zhao Lie Di. Sun Quan menyatakan diri tunduk kepada negeri Wei dan diangkat sebagai Raja Wu oleh Cao Pi. Tiga negara resmi berdiri dan selama kurun waktu 40 tahun, tidak ada satupun negeri yang bisa menaklukkan negeri yang lain.


Entah bagaimana ceritanya,,tetapi yang menjadi idola sebenarnya dari kami adalah seorang Cao Pi...

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates